Kamis, Februari 05, 2009

Menghapus File Temp Dengan Script

Setiap program windows sering memakai file temporer. Flie - file tersebut tersimpan di sebuah folder yang bernama temp. Folder ini berada dalam direktori Document and Setting->Nama user->Local Setting->Temp. File ini sifatnya hiden. File - file bisa menyebabkan performa komputer menurun( menjadi lambat). Untuk itu file-file itu perlu kita hapus agar performa komputer tetap terjaga.

Kalau kita menghapus file file tersebut secara manual tentu membutuhkan waktu lama. Untuk mempercepat penghapusan file Temp dapat kita lakukan dengan cara membuat script dengan menggunakan notepad. Caranya sebagai berikut.

Buka notepad lalu ketik script berikut ini:

del %temp% /s /q /f

rd %temp% /s /q

md %temp%

Simpan dengan save as type -> allfiles dengan nama deltemp.bat atau deltemp.cmd. Setelah itu simpan dalam folder windows. Untuk mengeksekusi file tersebut bisa lewat run lalu ketik deltemp. Maka otomatis file- file temp akan terhapus.

Script tersebut juga bisa tereksekusi secara otomatis saat log off windows. Caranya mudah:

Pada menu run ketik gpedit msc lalu enter. Pilih user configuration->windows setting-> script (lon on / log off) . Dobel klik log off lalu klik add kemudian pilih file deltemp.bat atau deltemp.cmd yang telah kita buat. Klik OK. Maka file tersebut akan tereksekusi secara otomatis saat windows log off.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar