Jumat, Februari 20, 2009

Spam dan cara menghindarinya

Spam adalah pesan yang di kirim ke banyak tujuan dengan isi yang sama dan di kirim ke orang lain yang tidak ingin menerimanya dengan kata lain orang yang di kirimi spam tidak tahu siapakah pengirim pesan tersebut dan tidak merasa menginginkan berita tersebut ataupun tidak merasa meminta informasi yang ada di dalam berita itu.

Dengan kata lain spam bisa diartikan unsolicited email (email yang tidak diminta) yang dikirim ke banyak orang. Contoh kiriman email yang berisi spam: iklan, advertensi, tawaran untuk bergabung ke MLM, undian, informasi palsu, phishing, penipuan. Ya, TechScape selalu berusaha memerangi siapapun yang melakukan spam. Biasanya spam mengambil daftar email yang akan dia kirimi dari sebuah mailing list, atau juga dengan mencari dari sebuah alamat website.

Beberapa saran atau tip untuk mengurangi / meminimalisir serangan spam pada email kita :
  • Berhati-hati dalam memasukkan alamat email anda. Saat sebuah situs meminta anda memasukkan alamat email, anda harus yakin benar bahwa situs itu aman. Jika anda tidak yakin, tidak percaya atau menemukan sesuatu yang mencurigakan dalam situs itu, sebaiknya anda mencoba mencari info lebih lanjut mengenai situs tersebut di situs-situs pencari populer seperti google atau yahoo.

  • Menggunakan alamat email sekali pakai. Jika anda sudah kebelet untuk melakukan registrasi dan memasukkan alamat email anda di sebuah situs yang meragukan, gunakanlah layanan email sekali pakai seperti layanan email yang diberikan oleh Mailinator atau BugMeNot. Mereka menyediakan layanan alamat email temporer, yang bisa anda pakai untuk hanya menerima satu email saja, sehingga alamat email asli anda tidak perlu kena spam kan!

  • Jangan mengekspos alamat email anda. Dalam sebuah forum diskusi, mungkin anda diminta alamat email oleh seseorang agar dia bisa mengontak anda. Bagaimanapun, apa yang biasanya orang awam tidak sadari bahwa spammer akan dengan mudah mendapatkan alamat email anda jika anda mengetikkannya di lokasi-lokasi publik seperti forum, artikel atau web dengan tujuan orang lain bisa mengontak anda. Cara sederhana menghindari spam adalah dengan mengganti “@” dengan “AT” dan “.” (titik) dengan “DOT”, karena biasanya bots spammer (program/script kecil pencari alamat email otomatis) tidak akan mengenali alamat email anda atau bagaimana membacanya. Cara lainnya adalah dengan memberikan alamat email anda secara privat atau melalui pesan pribadi yang biasanya merupakan bagian terintegrasi dalam sebuah forum.

  • Gunakan email client atau web client yang bagus. Saat ini, biasanya sebuah filter anti-spam sudah diberikan pada sebagian besar email client secara gratis, namun kualitasnya tentu tidak sama. Jadi, untuk menghindari spam, memilih email client yang bagus adalah sebuah jawaban, karena sebuah email client yang bagus akan melakukan penyaringan (filter) pada email-email spam dan memisahkannya ke folder khusus, sehingga anda dapat dengan mudah menghapusnya sekaligus. Anda juga bisa menggunakan web mail client, yang bisa anda akses langsung melalui browser anda, seperti GMail (layanan email dari Google), karena mereka juga memiliki sistem anti-spam yang bagus.

Sumber:
http://netsains.com/2008/01/kiat-menghindari-spam-di-email/

http://www.detik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar